Kenapa Shell Lebih Irit?

    Shell meluncurkan  bahan bakar dengan formula ekonomis yang diaplikasikan ke dalam Shell Super dan Super Extra. Pihak Shell menyebutnya Shell Economy Formula.

Formula baru ini berupa additif tapi tidak meningkatkan angka oktan. Dalam benak kita orang awam pasti bertanya-tanya. Kenapa bisa efisien? Apa begitu pake langsung irit? Kok bisa?

Mari pahami release dari http://www.shell.co.id. Terdapat penggalan kalimat “di setiap tetes formula barunya membantu mencegah penumpukan kerak“. Nah, ini masuk akal. Karena pembakaran bersih tanpa kerak berarti pembakarannya sempurna.

Pembakaran sempurna mampu menghasilkan power yang maksimal. Jadinya, tidak perlu gas dalam-dalam kendaraan sudah meluncur ringan. Tidak banyak bahan bakar yang tersedot.

Trus kalau dilihat dari tes yang dilakukan Shell yaitu keliling dunia. Akan terasa efisien kalau pemakaian dalam jangka waktu panjang. Karena pembakaran yang tidak ada kerak memang bisa bikin efisien. Tanpa  kerak tidak mengganggu proses pembakaran dalam mesin.

Satu lagi, secara umum memang pembakaran yang menimbulkan kerak tidak menghasilkan panas maksimal. Sehingga ledakan dalam silinder tidak full mendorong seher untuk menghasilkan power. Jadinya lebih boros.

Jadi ini alasan masuk akalnya, bahan bakar yang terbakar dibuat tuntas tanpa kerak. Karena kerak juga bikin mesin detonasi yang membuat mesin ngelitik.

Satu lagi, Shell menggunakan sistem pembersih maksimal. Dari omongan salah satu orang yang terlibat proses handling atau pemindahan bahan bakar Shell, memang meggunakan filterisasi sampai 5 kali lipat.

Ini adalah analisa dari MOTOR Plus versi cetak yang ditulis Hendra di edisi 674 halaman 18. Di rubrik jar-jari.  Penjelasan dari Shell Indonesia ada di sana secara lengkap.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

6 Responses to Kenapa Shell Lebih Irit?

  1. #48 botack mengatakan:

    di bandung ada dmana aja ?

  2. memang diriku mengatakan:

    andai sheel ada dimana2 …
    bisa nyoba tuh

  3. Endi mengatakan:

    Aing mah ttp Cinta Indonesia 100%…
    Go Pertamina…

  4. julius mengatakan:

    emplus kapan nih kupas tentang bajaj pulsar 220.baik kelebihan maupun kekurangan’y…

  5. Black_Viper mengatakan:

    ane sudah test pakai shell untuk mudik hasilnya memuaskan, dengan menempuh jarak 660km fuel tank shell super ditangki vixion sampai tujuan masih sisa sedikit, pas balik ke jakarta isi pertamax dengan jarak tempuh 620km pas sampai cikarang sudah mampir ke spbu untuk isi pertamax, bagi yg tinggal di jakarta tidak perlu khawatir untuk mencari spbu shell karena sudah menyebar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: