Bikin Padat Kompresi Primer

Ada yang menarik dari modifikasi Kawasaki Ninja di MOTOR Plus edisi 675 halaman 9. Disana dijelaskan untuk meningkatkan power dengan modifikasi kruk as.

Sebenarnya kruk as tidak hanya dibuat ringan atau enteng. Kalau kita amati, bandul kruk as dibuat utuh. Coakan di bandul asli ditutup rapat dengan aluminium.

Tujuan menutup coakan di bandul kruk as dengan aluminium itu agar membuat kompresi primer padat. Karena ruang di dalam karter menyempit akibat coakan kruk as yang ditutup itu. Jadinya kompresi primer lebih padat.

Awamnya seperti kita dalam ruangan. Trus ruangan itu dibuat sempit dengan dikasih benda macam di bandul itu, jadinya kompresi atau tekanan dalam ruangan jadi pengap atau tinggi.

Dengan sempitnya ruangan dalam karter dan kompresi jadi tinggi, membuat  gas bakar gampang tertekan atau terkompresi dari karter menuju silinder. Sehingga aliran gas bakar lebih cepat naik silinder.

Itu sebenarnya alasan yang membuat motor lebih cepat bergasing dan spontan. Power pun mudah dikail.

Soal modifikasi lengkap Kawasaki Ninja milik Ahmad Wahyudi yang kerap menangan di drag bike ini, silakan buka MOTOR Plus edisi cetaknya. Bukan hanya kruk as yg dimodifikasi. Beberapa part lain mengikuti. Terima kasih.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

4 Responses to Bikin Padat Kompresi Primer

  1. tataz mengatakan:

    untuk pemasangan aluminium itu menggunakan pengelasan atau pengikatan?

  2. Ilham Buana Brk mengatakan:

    bro dmn beli besi timbel..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: