Nouvo 2 Silinder

Sudah lama sekali Yamaha Nouvo 2 silinder ini nongol di MOTOR Plus cetak. Waktu itu mekanik yang beken dipanggil Pesek dari Bodisa Motor Ciputat kasih kabar. Katanya dia baru ngebangun Nouvo 2 silinder.

Ketika itu kaget juga, kalo Mio atau Nouvo bore up sampai 350 cc biasa. Ini jadi 2 silinder. Katanya dia riset bareng pemilik bengkel bubut Buaran di daerah Ciputat juga.

Rasa penasaran akhir ketebus begitu sampai bengkel bubut Buaran itu. Ternyata memang benar ada Nouvo 2 silinder. Sebelum tanya spek lebih jauh saya jajal dulu. Maklum penasaran karena saya sendiri tiap hari naik Nouvo bore up.

Tenaganya memang besar, ketika itu ramuan CVT-nya belum maksimal. “Masih selip” jelas Pesek yang ternyata tidak Pesek itu.

Ketika sedang jajal datang Om Toddy Rene Andreas. Pasti banyak yang kenal beliau. Kan Om Toddy sering jadi pimpinan lomba apa saja. Mulai road race, drag bike sampai motocross. Om Toddy juga rupanya penggemar Nouvo, termasuk 2 anak cowoknya.

Setelah jajal dan ngobrol bareng Om Toddy, saya diajak buka-buka komputer pemilik bengkel Bubut Buaran itu. Ketika itu beliau juga sedang tidak ada di tempat. Saya dipandu lewat telepon untuk melihat foto-foto ketika proses pembuatan Nouvo 2 silinder itu.

Blok kepala silinder daimbil dari CB200 kaluaran 1970-an. Supaya bisa terpasang ke Nouvo, main adaptor di tengah crankcase. Bahannya dari aluminium.

Kruk as menggunakan dari punya Mio. Dua kruk as digabungkan. Kemudian seher pakai dari Honda GL kalau gak salah. Lupa, maklum sudah lama sekali.

Penasaran, mesin yang sudah terpasang di motor dilepas juga dari sasisnya. Terlihat karburator dari Keihin PE 28. Dua karbu yang dipake. Spek lainnya sudah pernah ditulis MOTOR Plus. Kira-kira setahun yang lalu.

 

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

21 Responses to Nouvo 2 Silinder

  1. wusss mengatakan:

    dibikin DOCH makin mantab tuh!

  2. asep susandy mengatakan:

    salut wat teknik pengerjaanya… tolong mnta alamat loakan mesin” twin,sy butuh bngt. mksh

  3. Mulyadi yadi mengatakan:

    Manteeep choey…….bleh minta alamatnya ga bro…….thanks

  4. B-geng Aje mengatakan:

    salut bro….
    kapan2 ane nyoba tuh

  5. anang ST mengatakan:

    salut buat modifikasi mesin nouvo kapasistas 110 cc. Menjadi 3…!,tp ketahananny bagaimana ya!ukuran kapasitas ape itung itungan bearingnya udah gak singkrons lg toh.mksh

  6. anang ST mengatakan:

    cos melebihi standarx pabrik.tekanan,gesekan,sistem pelumasan,trasmisi,rem,bangkan chasis tidak bisa berfungsi maks.

  7. anang ST mengatakan:

    cvt biar berfungsi dan sesuai dengan tenaga yg dialirkan..rumus2 dan macam sabuk dan kegunaany ada elemen mesin sularso.perancanaan mesin.

  8. anang ST mengatakan:

    sukses bro…

  9. Fahry mengatakan:

    Pengen banget denger suaranya, kaya ninja 250r ga ya?

  10. saritem auto service mengatakan:

    acungkan jempol buat mas pesek,,,by accuy modifycation
    d tunggu info selanjutnya

  11. Wanda Brutall mengatakan:

    wizzzzz…… saluuut salutt buatt mekanik’a… kira2 brni ama mtor apan tuhh??hee..
    makasih

  12. Trio Ni AP Ad'y mengatakan:

    mintak saran bro… sy seher GL tp msih ngeritik,,, kra” knp.. yg bgus kra” mkai seher ap yg bgus buat 58 harian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: