Busi Iridium Vs Platinum. Bagus Mana?

Berikut adalah intisari tulisan tentang busi di MOTOR Plus edisi 675 halaman 13.  Setelah busi iridium rame di balap dan pemakai motor harian, kini nongol busi platinum. Apa sih busi platinum itu?

Busi platinum ternyata speknya termasuk menengah. Kalau diurutkan yaitu busi standar bawaan motor (nikel/tembaga), kemudian platium dan lebih tinggi iridium.
Elektroda platinum lebih runcing dibanding busi standar . Platinumnya hanya di ujung elektroda, diameternya 0,6–0,8 milimeter. Sisanya, tetap nikel.
Sifat platinum lebih tahan panas dibanding busi standar (nikel) .Makanya busi platinum masuk kategori busi dingin.  Cocok buat motor kompresi tinggi, kayak dibore up. Atau, motor yang biasa dipakai jalan jauh seperti turing dan suka main rpm tinggi. Spek ini sudah diterapkan di motor sekarang  dengan kompresi di atas 10 : 1.

Sayangnya, kelebihan itu jadi bumerang jika pemakaian motor tak sesuai sifat platinum. Misalnya, motor kompresi rendah dan dipakai hanya jarak dekat. Busi cepat mati, ini yang jadi pembicaraan saat in.

Soal kelebihan dan kekurangan busi platinum dan busi bahan lainnya, monggo buka MOTOR Plus edisi cetaknya. Terima kasih.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

13 Responses to Busi Iridium Vs Platinum. Bagus Mana?

  1. junanda mengatakan:

    kalo buat FU cocok gak??

  2. Achmad Keren mengatakan:

    bisa buat MX harian dan touring juga gak ?

  3. dhaeepDhaEep mengatakan:

    untuk Honda SupraX 125 th’08, cocok ga…?
    trus harga satuan’a brpa…?

  4. satria.reddevil mengatakan:

    an pernah make di satria fu baru dua bulan udah maut tuh busi, kenapa itu gan?

  5. RenozFreeyork mengatakan:

    Buat Honda tiger bisa gak..?
    harganya brpaan..?

  6. aero mengatakan:

    cocok asalkan kodenya sama kayak bawaan standar, kayak jupi burhan yg kode businya C7HSA pake busi platinum yg C7HVX. buktinya busi platinum yg saya pake belommati sampe sekarang pdhl blm di boreup etc

  7. Romie Yanto mengatakan:

    Mas bro,,,, untuk CBR 150R bisa ga ya,,,? krna saya sllu suka RPM tggi n prjlnan sya ckup jauh…. kira2 70k /hari…..saya bru pake CBR bru 6 blan tpi sdah ganti busi 3x…. Thank’s..

  8. wahyu mengatakan:

    harga berapa kalo di pasaranj

  9. wahyu hidayat mengatakan:

    kalo untuk absolut revo bisa nggak ?
    harga nya brapa ..?

  10. teguh mengatakan:

    kanvas kopling tdr bgus ga bwat mx?

  11. fatin mengatakan:

    brartii cocok juga dong buat mio yg udah pake 58.n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: