Beda Mesin Mio Lama Vs Mio J (Injeksi)

Yamaha Mio J sudah bisa dilihat di beberapa dealer. Launching resminya Sabtu besok (11/2) di daerah Senayan. Bahkan MOTOR Plus edisi sekarang (676) sudah bedah abis mesinnya. Hehehe ini yang bikin bingung awak redaksi M+. Jeroan Mio J sudah ditelanjangi abis di edisi sekarang. Edisi besok apa ya yang bikin heboh lagi?

Secara garis besar ada beberapa perubahan pada Mio J dibanding mesin Mio lama. Kalau sistem bahan bakar sudah banyak yang tahu mengaplikasi sistem injeksi. Yang bikin penasaran ketika petinggi Yamaha bilang kalau Mio J partnya bisa dipakai di Mio lama.

Mari analisa dari konfigurasi bore x stroke yang merupakan parameter penghasil volume silinder.  Dipastikan sama dengan Mio lama. Apalagi stroke atau langkah seher yang 57,9 mm. Stroke ukuran ini dianggap sebagai angka keramat bagi Yamaha. Beberapa varian Yamaha menggunakannya. Yamaha Mio lama, Nouvo, Vega ZR dan New Jupiter-Z.

Padahal kalau kita telaah, ada pabrikan lain yang menggunakan stroke sebesar ini. Setelah Yamaha Nouvo, nongol Honda Karisma (sekarang Supra X125) , bebek 125 Honda itu strokenya 57,9 mm juga.

Kembali kepada Mio J,  diameter x stroke sama dengan Mio lama yaitu 50 x 57,9 mm. Tapi, pihak Yamaha sempurnakan, yaitu aplikasi seher forged dan blok DiAsil.  Tiada lain teknologi yang identik dengan Yamaha.  Dengan paduan blok dan seher jenis ini membuat Yamaha bisa menggaransi produk mereka sampai 5 tahun. Karena minim gesekkan sehingga tidak cepat longgar.

Seher forged secara desain bisa dibuat serba tipis dan ringan karena dianggap kuat. Membuat kerja mesin jadi ringan lantaran gesekkan minim. Pastinya lagi, kitiran mesin juga enteng karena beban piston yang bisa direduksi.

Perubahan di kepala silinder bukan saja sudah menggunakan rocker arm model roller agar gesekkan mekanisme klep berkurang. Tapi, head sudah seperti motor-motor sekarang. Dilengkapi dengan tutup yang lebar. Memudahklan dalam setel klep dan bongkar-pasang  kem.

Lainnya di CVT yang dipalikasi. Untuk mengejar enteng dan medah berakselerasi, jarak antara puli depan dan belakang dibuat dekat. Di Mio lama 365 mm sedangkan di Mio J 350 mm. Berkurang 15 mm atau 1,5 cm.

Ini intisari tulis reporter Eka di MOTOR Plus terbaru edisi 676. Lebih jelas bisa buka langsung tabloidnya ya.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

16 Responses to Beda Mesin Mio Lama Vs Mio J (Injeksi)

  1. ipanase mengatakan:

    mantap nih,,yan jelas injeksi, tapi bodynya kurang sreg

  2. tataz mengatakan:

    mungkin bisa dibilang lebih simpel, praktis dan hemat untuk akselerasi hampir sama, karna pada mio injeksi ini dilakukan perubahan belt yang lebih pendek, jadi lebih cepat untuk penyaluran tenaga.

  3. Mbambung Lbc mengatakan:

    apa bisa temlar sama noken mio j dipasang di mio lama

  4. nukira kira san mengatakan:

    blok head atas bisa gak di aplikasikan ke mio fino?
    biar jadi fino injeksi?

  5. arief mengatakan:

    Diatas kertas Mio lama lebih bertenga dari Mio J , hal ini bisa dilihat dari power to weight ratio nya .

  6. ganesh mengatakan:

    kalo injecsinya diganti karbu bisa gaa??

  7. aray mengatakan:

    mas broo ..saya lihat di google ..mio j yg udh kena bore up ….truss udh di pasarkan harga mencapai 400rban,. misal nya udh kna bore up gmna tuh ..?

  8. jajan mengatakan:

    tetep aja bagusan honda mas browww…. teknologi yamaha walau matix di payun tetep bagusan honda, sudah canggig gitu loh mas breo

  9. deka mengatakan:

    Bang, Head dan blok silinder mio j bisa dipasang ke mio lama?

  10. Bair Marlboro mengatakan:

    bro,,aq punya mio jet fi…tp bloom lm pkai knp mesin mati tiba2,saat melaju trus d rem mendadak..lnsung mati.knp & ap solusinya bro-bro…

    • om biw mengatakan:

      itu businya , tmen ane sring bawa jalan tuh motor,nmanya anak lpangan , tiba” mati di jalan ,diemin dlu skitar 10 mnit ,…lalu nyalain lagi ,
      langsung ganti busi bru gress lgi

  11. Ping-balik: Serangan Balik Dari Keluarga Mio di Mulai… | Bakul Kangkung Jpr

  12. Reza Daffa mengatakan:

    harga c.d.i nya mahal banget ih..

  13. indra mengatakan:

    kalo block nouvo di pasang di mio j bisa engga ya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: