Motor Injeksi; Ganti knalpot? Head? Setting CO? Bagus Mana?

Di MOTOR Plus edisi terbaru (676) halaman 11, dibahas Yamaha V-ixion yang tiada lain motor injeksi. Untuk meningkatkan powernya diakali dengan penggantian kepala silinder dari BRT. Jika head standar V-xion klepnya hanya 19 mm (in) dan 17 mm (buang). Sedangkan head hasil modifikasi BRT klep isap 21 mm dan buang 19 mm.

Head buatan BRT ini juga sudah dilakukan porting ulang. Mengikuti diameter klep yang sudah besar. Bahkan sudah dilakukan pengukuran dengan flowbench. Datanya didapatkan 124 cmf (cubic feet per minute) untuk klep isap. Klep buangnya hanya dibikin 108,6 cfm.

Dari hasil pengujian dengan dinotes, setelah pakai head BRT didapatkan kenaikan power sebesar 0,53 dk atau 1/2 dk. Hasil kenaikan power ini bisa dibandingkan dengan penggantian knalpot dan setting CO-nya.

MOTOR Plus edisi 536 kira-kira 2 tahun lalu, pernah juga melakukan pengujian di Yamaha V-ixion. Dipasangi knalpot racing merek Pico. Powernya naik 0,54 dk. Artinya sama dengan ganti head yang 0,53 dk.

Ketika itu, juga dilakukan seting ulang CO. Caranya menggunakan diagnostic tool Yamaha, diseting dari posisi nol bawaan pabrik sampai +30. Terjadi lagi kenaikan tenaga jadi 0,21 dk.

Dari sini kita bisa simpulkan. Pilih ganti head atau knalpot. Ganti knalpot racing memang simpel, tapi kebanyakan pengguna V-xion ketakutan ditilang polisi. Tapi, akan lebih baik lagi jika ketiganya dilakukan, ganti knalpot racing 0,54 dk + head BRT 0,53 dk + setting CO 0,21 dk. Power total kenaikannya jadi 1,28 dk.

Cara pasang head BRT dan apa saja proses pemasangan serta hasil tes lebih lengkap, silakan buka MOTOR Plus terbaru halaman 11 ya.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

5 Responses to Motor Injeksi; Ganti knalpot? Head? Setting CO? Bagus Mana?

  1. NEW YZF R15 mengatakan:

    Siiiiiiiiiip.

  2. kichang mengatakan:

    kalo semua itu dilakukan bisa abis brapa duit om??

  3. penggemar ninja mengatakan:

    AFR nya kering kali tuch, kenapa ganti klep gede, PnP, cuman naik 1/2 dk donk..?

    sayang bgt, buang2 duit naik 1/2 dk donk

  4. firman.HBs mengatakan:

    pasang aja power comannder untuk R1 yag cuma seharga 1jt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: