Biang Kerok Knalpot Spin Patah

Suzuki Spin 125 keluaran awal, jadi boomering bagi pemiliknya. Biang keroknya knalpot yang kerap patah. Beberapa edisi MOTOR Plus pernah membahas masalah ini berikut cara penyelesainnya.

Namun pihak Suzuki menanggapi profesional. Setiap kali ada konsumen yang komplain langsung diganti baru. Bahkan yang belum dibeli oleh pemilik langsung digenti dengan versi baru.

Seperti yang saya lihat di kios loak Purwokerto beberapa tahun lalu. Kaget menjumpai seseorang yang membawa knalpot Spin 125 yang mau dijual di kios loak ini. Tidak tanggung, dia bawa 9 unit knalpot Spin.

Saya pastikan, dari mana knalpot segini banyaknya. Dia tidak banyak cerita, hanya bilang dari dealer. Ketika itu knalpot masih baru-baru dann rupanya bukti tanggung jawa Suzuki kepada konsumennya. Sebelum unit motor sampe di tangan pembeli, knalpotnya sudah diganti duluan.

Sebelum Spin 125 meluncur di pasaran, sempat berbincang dengan kepala bagian service Suzuki. Katanya Spin dibuat serba fleksibel. Seperti ketika pemasangan knalpot. Pada pegangan yang diikatkan ke crankcase mesin, dilengkapi dengan bushing karet.

Bushing karet yang bikin masalah

Rupanya yang jadi boomerang itu karena dibuat fleksibel. Knalpot jadi naik-turun lantaran bushing karet yang empuk. Apalagi kalau pemakaian sudah lama dan bushing karet sudah peot. Makin menjadi-jadi saja knalpot itu naik-turun.

Yang jadi korban tentu bagian knalpot yang paling tipis, atau bagian yang paling lemah. Yaitu pada leher knalpot yang menekuk, dekat baut pengikat di kepala silinder. Oleh pihak Suzuki diperkuat pada bagian itu di Spin generasi berikutnya.

Bagian yang rawan patah

Namun rasanya akan bertahan sementara, kalau karet bushing sudah peot akan bermasalah lagi. Silakan amati baut pengikat knalpot di crankcase motor matik merek lain. Tidak dilengkapi bushing dan selalu diikat mati alias tidak ada bushing.

Dan kini rupanya pihak Suzuki sudah paham soal itu. Di motor matik keluaran berikutnya selalu diikat mati. Belajar dari pengalaman.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

12 Responses to Biang Kerok Knalpot Spin Patah

  1. Sin 2006 mengatakan:

    Tempet cantolan baut yang dimesin gamang dol.
    Udah 2x bubut, masih aja kaya gitu.

    Awalnya baut 12, karena getaran bautnya ilang.
    Pasang baut lagi udah ga muat baut 12, upgrade ke baut 14.
    Anteng sehari dua hari, dol lagi.

    Kacau emang😦

    Spin 2006

    • andrew sambora mengatakan:

      sama spin 2006 gua jga udah 2 kali bubut ttep msih sering kendor dan slek dratnya , msa iya di las sih tuh knalpot ?

  2. arlan ardianto mengatakan:

    Sudah 2 kali saya bubut baut yang menempel di mesil karena patah tidak kuat menahan goncangan knalpot yang bermula dari karet bushing yang haus dan hancur. apakah masih tidak ada solusi untuk tidak terulang lagi hal tersebut

    Spin 2007

  3. rony mengatakan:

    g.5na ya cara bubut baut knalpot yang patah d,mzin

  4. aling mengatakan:

    iya btul nehh,, baut di leher knalpot spin gue jg patah neh .. Suara nya bkoar-koar.. Hadeeuhh.. Solusi kasih dudukan knalpot yang efektif gmana yakz…?

  5. ffx4shiva mengatakan:

    jadi solusinya apaan ni? ganti knalpot spin yang terbaru ?

  6. badrun adja mengatakan:

    penerangan lampu depan ko kurang terang apa penyebab’y truz acecories susah di cari

  7. ido mengatakan:

    knalpot spin gue sering bermasalah., udah 3 kali bubut., tetap aja., habis ni duit untuk biayain knalpot spin ni !!

    tapi sekarang saya sudah ganti knalpot racing spin R3., ringan sih., smoga aja spin saya gk kambuh kambuh lagi

  8. rhombank mengatakan:

    ud abis 2 tuu knalpot…ud di las leher nya…bubut mesin deket leher karena baut patah di dalem
    ud nambah daging..hasilnya adalah…knalpot kaga ngeplak ke mesin
    kalo dudukan ud nemu solusinya..di iket mati trus bolongan bekas karet nya tuker pake mur yang seukuran, kalo masalah mesin mah kaga kecewa dah
    cuman kenalpot doang yang bikin keki

  9. Muhammad Zar mengatakan:

    knalpot spin gue juga sering bermasalah, tiap kali lewat jlan jlan bergelombang lepas lagi tuh baut knalpot bagian leher, alias selalu dol, ampun deh ini motor,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: