Masalah Filter Basah (Jilid 1)

Di MOTOR Plus edisi 678 halaman 14 dibahas beda filter kertas basah dan filter kertas kering. Filter kering sudah lama digunakan dan tidak banyak yang salah kaprah. Berbeda dengan filter basah yang mengundang salah paham dalam pemakaian.

Filter basah baru digunakan di Yamaha Mio Soul atau Mio Sporty. Di matic Honda mulai dari generasi Vario. Filter basah direkomendasi bisa digunakan sampai 15.000 km. Filter ini bebas perawatan dan haram dibersihkan.

Sebenarnya kalau boleh jujur, filter basah adalah program pabrikan atau ATPM yang terselubung. Agar para mekanik bengkel resmi tidak perlu bongkar filter udara ketika servis. Kerja mekanik jadi singkat.

Di zaman sekarang yang banyak konsumen sangat menguntungkan. Bengkel resmi bisa menerima banyak konsumen. Sampai konsumen yang masih servis gratis kerap mengeluh. Katanya manakala servis gratis motornya tidak diapa-apain. Cuma disemprot angin tanpa bongkar filter udara apalagi bersihkan karburator. Mereka menggerutu sudah antri panjang cuma ganti oli doang.

Filter basah memang menguntungkan bengkel. Sampai 15.000 km, tidak perlu ganti filter, tidak perlu dibersihkan. Namun menimbulkan masalah ketika motor yang dipakai di jalan berdebu. Belum sampai 15.000 km sudah mbrebet. Motor tidak mau lari lebih dari 40 km/jam. Boros bensin dan tidak kuat nanjak. Alamak..

Ini yang membuat para pemilik motor ogah menggunakan filter basah. Bagi pemilik Yamaha Mio Soul atau Mio Sporty baru sih enak, tinggal ganti pakai filter Mio lama yang masih filter tipe kering. Bisa dibersihkan kapan saja.

Nah, itu salah satu masalah filter basah. Nanti kita lanjut lagi seri 2-nya.

 

 

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

3 Responses to Masalah Filter Basah (Jilid 1)

  1. yayat mengatakan:

    Terima kasih infromasinya yang sangat berharga

  2. Herman Hura mengatakan:

    gans kalau boleh tahu harga filter tipe basah berapa…??

    makasih informasinya……

  3. garok embet mengatakan:

    harga filter basah Rp. 56 jutaan bro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: