Klep Standar Vs Klep Besar

Tulisan ini disadur dari tabloid MOTOR Plus cetak edisi lama. Grafik di atas hasil dinotes di mesin Dinojet 250i milik BRT. Perbandingan power dan torsi Yamaha Mio standar ketika masih menggunakan klep standar in (23 mm) dan setelah diganti jadi 26 mm.

Ketika masih menggunakan klep standar, power bawah lebih tinggi. Yaitu dari rpm bawah sampai 7.000 rpm menang power dan melesat lebih dulu. Tapi, ketika lewat dari 7.000 rpm akan dilewati oleh klep 26 mm. Powernya unggul sampai rpm tertinggi.

Karakter klep gede dan lubang inlet besar memang bagus untuk rpm atas.  Powernya juga meningkat. Ketika masih menggunakan klep standar, power maksimal hanya 7,84 hp pada 7.000 rpm. Tapi, setelah meggunakan klep besar powernya jadi 8,41 hp pada 8.150 rpm.

Namun torsinya setelah menggunakan klep besar malah turun. Asalnya 6,20 jadi 5,69 ft-lbs. Karakter torsi turun karena lubang isap dan klep besar. Makanya dalam mengorek mesin juga tidak boleh klep isap dan lubang in kelewat gede. Berakibat torsi jadi turun dan akselerasi kurang sadis.

Karakter klep isap kelewat gede juga membuat power berada di rpm atas. Makanya kita kalau menggunakan klep, pilih yang optimal dan di rpm berapa letak peak power yang dimau. Karakter klep besar juga bikin power besar, tapi letaknya di rpm tinggi.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

4 Responses to Klep Standar Vs Klep Besar

  1. Hendri mengatakan:

    Biar torsi bawahnya juga bagus, ditambah stroke up.. Hehehe..

  2. Dooel mengatakan:

    Yah palng nggak kalo udah porting+klep gede kompresi jg harus naek biar imbang juga

  3. ipanase mengatakan:

    ow,,gitu ya bang,,,,sekalian tolong cariin di motorplus yang upgrade honda megapro primus pake noken as tiger itu ya bang,,ane ubek2 kagak nemu di motorplus online,,padahal dulu ane baca disitu
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/24/safety-gear-knee-protectors/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: