Kopling Kering

Kopling basah rawan selip karena terendam oleh pelumas. Apalagi kalau sembarangan menggunakan aditif pelumas yang dimasukkan ke dalam oli mesin, bisa berakibat kopling selip. Kopling basah dipakai di motor bebek atau sport lokal.

Ini yang membuat pabrikan pelumas memproduksi oli khusus kopling basah. Cirinya di kemasan terdapat tulisan JASO MA. Artinya pelumas yang bisa dipakai untuk motor kopling basah. Supaya tidak selip.

Kalau kopling kering macam di mobil atau seperti di gambar itu milik Ducati Multistrada. Menggunakan kopling kering supaya tidak gampang selip. Kopling kering banyak dipakai di motor-motor balap.  Pelumasnya tidak harus JASO MA.

Soal kopling kering ini sudah lama sekali diulas MOTOR Plus cetak. Soal kontruksinya yang di Ducati nanti kita bahas khusus di MOTOR Plus cetak ya.

Perihal aongmotorplus
Saya reporter di media motor, tepatnya MOTOR Plus dari Kompas Gramedia Group

5 Responses to Kopling Kering

  1. SMASHER BANTEN mengatakan:

    waaah …
    ɑɑpPªª? seperti ituuu…

  2. Luthfi Aziz mengatakan:

    jangan yg punya ducati lah, ngak cocok sama motor lokal, coba kopling kering bikinan takegawa

  3. Jarwo mengatakan:

    Bdanya klo kopling kering y kering…kalo kopling basah y basah,kalo ingin mengaplikasikannya ke dlm mtor kta,gampang bgt…tnggal jemur z kopling basahnya,ntar jg kering,basah lg,jemur lg n gtu seterusnya…..

    Hehehe……piss…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: